Motto :
Senin, 22 Jul 2024
  • Menjadi sekolah terdepan dalam memfasilitasi siswa untuk menuju terwujudnya peserta didik berwawasan lingkungan yang dilandasi Iman dan Taqwa

Ujian setelah belajar, 2022 tengah semester bulan September & Oktober

Diterbitkan : - Kategori : Berita / General / Kepanduan / Kesiswaan / Pendidikan / Post Formats / Teknologi / Uncategorized

SMANegeri1Cariu__ Dalam sepekan terakhir siswa SMA Negeri 1 Cariu melaksanakan kegiatan PTS. Seluruh siswa berlomba untuk mendapatkan nilai versi terbaiknya, didukung dengan berbagai platform media maka siswa tersebut diharapkan dapat dengan mudah untuk memahami setiap mata pelajaran yang ada dan akan diujikan.

Kemudian dari setiap mata pelajaran yang ada, sebagian siswa ada yang mengeluhkan tentang mata pelajaran yang ia anggap sulit. Pertanyaannya kenapa itu bisa terjadi? Dan kiat apa yang harus dilakukan oleh siswa untuk mengatasi hal tersebut? Mari kita bahas dalam artikel ini.

Mula-mula

Dewasa ini banyak dari kita tidak benar-benar fokus dengan apa yang hadir dalam kehidupan kita, dikarenakan kesehariannya disibukkan dengan pemberitaan yang disebar luas kan di media sosial. Bahkan banyak berita yang sebanarnya tidak penting untuk kita simak, namun hasilnya berita tersebut menjadi beban yang berpengaruh dalam kehidupan yang kita jalani.

Jika benar kita bijak dengan hal tersebut, maka berita yang datang seharusnya kita filter terlebih dahulu, sehingga berita yang kita pahami bernilai baik dan berharga untuk kita. Apalagi berita tersebut berhubungan dengan kehidupan kita saat ini, misalnya saja kita sedang sekolah maka berita yang harus diikuti ialah tentang pelajaran yang ada di sekolah.

Kesulitan

Jika ada siswa yang menganggap pelajaran di sekolah salah satunya pelajaran tertentu dianggap sulit. Maka hal tersebut sangatlah wajar terjadi, dikarenakan pelajarannya ialah pelajaran baru yang belum diketahui sebelumnya. Dan dengan cara yang berbeda kita mempelajarinya.

Banyak cara agar kita mudah untuk mempelajari hal baru. hal tersebut dapat dibedakan menjadi dua bagian antara lain secara internal dan eksternal. Misalnya saja internal, maka kita harus suka terlebih dahulu, baik kepada pelajarannya, gurunya maupun niatnya pun harus baik dan suka. Kemudian secara eksternal yaitu hal yang kita pelajari dan kita baca setiap harinya paling tidak ada unsur pelajaran yang mengacu hal tersebut.

Jika hal tersebut masih saja tidak berpengaruh dengan ketidak sukaan kita, maka jangan dipaksakan akan tetapi jalani dengan murni dan ikuti setiap nasihat dan pelajaran yang diberikan. Meskipun tidak berpengaruh banyak paling tidak dapat menambah wawasan yang belum kita ketahui.

Solusi

Bukan untuk orang lain jika nilai kita bagus. Bahkan bukan untuk orang lain jika kita menguasai pelajaran tertentu. Melainkan untuk kehidupan kita pada saat bermasyarakat nanti. Pada saat kita berada dalam lingkungan baru dan status baru.

Solusinya ialah jangan berpikir tentang kesulitan melainkan bagaimana cara menyelesaikan kesulitan tersebut, jangan berpikir tentang kegalauan melainkan kenapa kita bisa galau. Ketika akar permasalahan dan solusi dapat diketemukan maka kemudahan akan muncul darinya. Semangat untuk menggapai setiap impian yang ada.

Semoga PTS kali ini berjalan dengan lancar.

Penulis : Muhamad Padhil Sumarwan

 

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

Post Terkait

SMA Negeri 1 Cariu Juara

Jumat, 3 Nov 2023

MENJAGA MORALITAS SISWA

Jumat, 29 Sep 2023

Pencetak Bibit Unggul

Senin, 7 Agu 2023

Selamat Datang

Rabu, 26 Jul 2023

Fillosofi Ki Hadjar Dewantara

Jumat, 18 Nov 2022

PJOK dalam Kehidupan Nyata

Rabu, 2 Nov 2022

Berjalan dengan Pasti

Rabu, 2 Nov 2022