Motto :
Senin, 22 Jul 2024
  • Menjadi sekolah terdepan dalam memfasilitasi siswa untuk menuju terwujudnya peserta didik berwawasan lingkungan yang dilandasi Iman dan Taqwa

PENGARUH POLITIK DI LINGKUNGAN SEKOLAH BAGI SISWA SMA

Diterbitkan : - Kategori : Berita / General / Kepanduan / Kesiswaan / Pendidikan / Post Formats / Tak Berkategori / Teknologi / Uncategorized

SMAN1CARIU__ Selasa, 26 September 2023 di lingkungan SMA Negeri 1 Cariu terlihat sekali banyak siswa-siswi yang berjalan masuk ke dalam ruangan untuk melaksanakan kegiatan KBM. Raut wajah ceria menandakan semangat yang begitu besar melekat dalam dirinya. Bukan hanya sekedar belajar namun juga tentang pemahaman akan pentingnya ilmu yang harus dikembangkan dalam diri.

Dewasa ini kita akan menyaksikan pesta demokrasi yang begitu besar di negara kita ini. Pemilihan presiden dan wakil presiden, DPD, DPR RI, DPRD Prov, DPRD Kabupaten. Pemilihan tersebut akan diselenggarakan pada tanggal 14 Februari 2024 tepatnya pada hari Rabu.

Jika dikaitkan dengan siswa/I SMA yang usianya kisaran 16 s.d 18 tahun, sebenarnya belum memiliki hak pilih/mencoblos dalam pesta tersebut, namun Apakah penting mengetahui bobot kandidat calon pemimpin yang akan menjalankan roda kehidupan di lingkungan bernegara? Sikap dan pandangan seperti apa yang harus dilakukan sebagai siswa dan pendidik di lingkungan sekolah? Mari kita bahas dalam artikel ini.

PANDANGAN

Jika berbicara tentang sosok pemimpin, maka akan ada banyak hal yang harus kita bicarakan. Mungkin hal yang pertama dibenak kita sebagai masyarakat pastinya mendambakan seorang pemimpin yang baik. Namun kriteria seperti apa sehingga seorang pemimpin bisa dikatakan baik?

Sebelum membahas hal yang lebih lebar lagi, patut kita ketahui gaya kepemimpinan seorang pemimpin.  Ada beberapa jenis kepemimpinan yaitu Gaya Kepemimpinan Orokratis/Otoriter, Gaya Kepemimpinan Demokrasi, Gaya Kepemimpinan Brokrasi, Gaya Kepemimpinann Karismatik, gaya Kepemimpinan Laissez Faire, Gaya Kepemimpinan Delegatif, Gaya Kepemimpinan Transaksional, Gaya Kepemimpinan Transformasional, Gaya Kepemimpinan Partisipatif, Gaya Kepemimpinan Situasional.

Gaya kepemimpinan seperti yang disebutkan di atas untuk pelaksanaannya sangatlah fleksible. Sebagai seorang pemimpin yang baik maka ada waktu-waktu tertentu yang digunakan untuk menjadi sosok pemimpin seperti di atas. Misalnya saja di satu waktu ia menentukan kebijakan secara otoriter, namun di lain kesempatan ia menjalankan kepemimpinan secara demokratis.

Bahkan sosok pemimpin yang baik sejatinya jabatan tersebut dijadikan alat untuk kemakmuran rakyat, kesejahteraan masyarakat, bukan memperkaya dan menguntungkan diri pribadi dan golongan tertentu. Bukan hanya sekedar berlomba-lomba menjadi sosok yang ingin dipilih, akan tetapi menunjukan kinerja yang memang patut untuk dipertimbangkan oleh masyarakat luas.

GENERASI GEMILANG

Sebagai siswa/I yang akan lulus dari sekolah dan menjalankan kehidupan sosial bermasyarakat, tentunya kita akan dihadapkan dengan memilih sosok pemimpin. Akan tetapi bukan hanya memilih, namun siswa/I, tenaga pendidik tentu juga bisa menjadi sosok yang dipilih. Pemimpin di masyarakat, yang mengayomi dan menyayangi masyarakat luas.

Kriteria seorang pemimpin sejatinya siswa/i sudah dapat belajar dan menganalisa, setiap hal yang dilakukan oleh seorang pemimpin tersebut. Setiap karakter yang melekat yang mempercontohkan kepada kita semua tentang pengambilan keputusan, kebijakan serta gagasan kedepan akan kemajuan jaman.

Misalnya saja, dapat bertanggungjawab atas setiap perbuatan yang dilakukannya. Disiplin terhadap diri, loyalitas tinggi, integritas yang utama, serta pantang mundur jika dihadapkan dengan persoalan yang berat. Mencari solusi dari setiap persoalan tersebut sehingga kehidupan kedepannya semakin maju.

Di lingkungan sekolah misalnya datang tepat waktu, sopan terhadap guru dan teman, mengerjakan pr, bertanggungjawab terhadap tugas yang diberikan, berucap baik serta mengikuti setiap peraturan yang berlaku di lingkungan sekolah.

Mungkin cukup sekian paragraph yang dituliskan dalam artikel ini, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Dan dari setiap narasi yang ditulisan dapat menambah kamus kosa-kata dalam diri kita semua

.

Penulis : Muhamad Padhil Sumarwan, S.Kom

 

 

 

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

Post Terkait

SMA Negeri 1 Cariu Juara

Jumat, 3 Nov 2023

MENJAGA MORALITAS SISWA

Jumat, 29 Sep 2023

Pencetak Bibit Unggul

Senin, 7 Agu 2023

Selamat Datang

Rabu, 26 Jul 2023

Fillosofi Ki Hadjar Dewantara

Jumat, 18 Nov 2022

PJOK dalam Kehidupan Nyata

Rabu, 2 Nov 2022

Berjalan dengan Pasti

Rabu, 2 Nov 2022

Gelar Senja Anggota Pramuka

Jumat, 14 Okt 2022