Motto :
Sabtu, 13 Apr 2024
  • Menjadi sekolah terdepan dalam memfasilitasi siswa untuk menuju terwujudnya peserta didik berwawasan lingkungan yang dilandasi Iman dan Taqwa

PERAN SAKA CABANG

Diterbitkan : - Kategori : Berita / General / Kepanduan / Kesiswaan / Pendidikan / Post Formats / Tak Berkategori / Teknologi / Uncategorized

SMANegeri1Cariu_ Senin, Tanggal 10 Oktober 2022 siswa/i pramuka SMA Negeri 1 Cariu akhirnya bisa kembali belajar di sekolah tercinta. Pada hari Rabu s.d Sabtu tanggal 05 s.d 08 Oktober 2022 yang mana siswa/I tersebut telah melaksanakan kegiatan perkemahan antar satuan karya tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2022 di Bumi Perkemahan Cimandala Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor.

Menurut Wikipedia, kegiatan tersebut ialah wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat, meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan dan pengalaman para pramuka dalam berbagai bidang kejuruan. Serta memotivasi mereka untuk melaksanakan kegiatan nyata dan produktif sehingga dapat memberi bekal bagi kehidupannya dan pengabdiannya pada masyarakat, bangsa dan negara.

Hal yang terlintas dalam benak saya dan mungkin temen-teman yang baca artikel ini. Ketika siswa/I tersebut telah selesai melaksanakan kegiatan Perkemahan Saka, apakah Ilmunya dapat diaplikasikan di sekolah? Apa pentingnya bagi pembaca?  Mari kita bahas pada artikel ini.

 

Problem Hidup

Mungkin ketika ditanya pada sebagian siswa/i SMA yang mengikuti kegiatan Saka tersebut, hal yang pertama terlintas dibenak mereka ialah tentang kecakapan yang mampu menghipnotisnya. Para kaka-kaka yang terampil, terlatih dan berpengetahuan luas tentang berbagai aspek dalam menghadapi persoalan dalam kehidupan.

Sikap yang perlu dijadikan suri tauladan ketika menghadapi persoalan dalam membangun hubungan ialah kejujuran. Serta, karakter dalam membangun suatu hubungan yang baik berdasarkan kebiasaan yang telah dipupuk dari sejak dini.

Kaka-kaka menyampaikan pengalamannya tentang suatu persoalan yang pernah dihadapi, bahwa kerja keras, aktif, produktif serta pantang menyerah ialah peluang besar untuk menyelesaikan masalah itu sendiri. Sehingga ketika persoalan tersebut berhasil dilakukan maka dampaknya dapat dirasakan, bahwa kita akan menjadi pribadi yang unggul, produktivitas dan berdaya saing.

Ledug Pisan

Risiko yang dihadapi bagi pramuka pada saat musim penghujan, khususnya pada saat melaksankan perkemahan ialah ledug, hehe. Ledug ialah bahasa Sunda, ketika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yaitu penuh bekas kaki orang/binatang atau becek. Demikian siswa/I telah menyiasati hal tersebut dengan peralatan yang telah disiapkan sehingga kejadian tersebut dapat diatasi.

Berbicara mengenai persiapan maka hidup di lingkungan sekolah pun perlu adanya persiapan, khususnya bagi para siswa/I persiapan yang mesti harus dilakukan ialah belajar. Dalam belajar pun banyak sekali korelasinya. misalnya saja siswa harus belajar bagaimana beradaptasi di lingkungan sekolah.

Jika ia baik maka lingkungan akan memperlakukannya dengan baik. Kemudian belajar tentang praktik dan teori dalam pelajaran sekolah, itu pun harus dipersiapkan sejak dini sebagai bekal masa depan nanti. Serius dalam belajar dan fokus untuk menghadapi tantangan di masa yang akan datang.

Quotes kaka

Prestasi bukanlah sebuah kebetulan, dan impian tidak akan pernah menjadi kenyataan tanpa adanya kerja keras. Ketika pengharapan yang dicita-citakan maka buatlah statement dalam hati bahwa itulah komitmen yang mesti harus dicapai. Kemudian setalah komitmen ditetapkan maka kita harus konsisten dalam menggapainya.

Misalnya saja, jika bercita-cita ingin menjadi seorang polisi, maka komitmenlah dengan hal tersebut. Serta, konsisten dalam mewujudkannya contohnya menjaga kesehatan tubuh, berolahraga secara rutin dan berkala seperti lari, renang, sit up, pull up, push up, kemudian membaca buku, pelajari psikotes, serta menguatkan mental.

Demikian Artikel ini selesai dibuat semoga bermanfaat bagi kita semua, salam sejahtera bagi kita semua.

Penulis : Muhamad Padhil Sumarwan
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

Post Terkait

SMA Negeri 1 Cariu Juara

Jumat, 3 Nov 2023

MENJAGA MORALITAS SISWA

Jumat, 29 Sep 2023

Pencetak Bibit Unggul

Senin, 7 Agu 2023

Selamat Datang

Rabu, 26 Jul 2023

Fillosofi Ki Hadjar Dewantara

Jumat, 18 Nov 2022

PJOK dalam Kehidupan Nyata

Rabu, 2 Nov 2022

Berjalan dengan Pasti

Rabu, 2 Nov 2022