Motto :
Senin, 22 Jul 2024
  • Menjadi sekolah terdepan dalam memfasilitasi siswa untuk menuju terwujudnya peserta didik berwawasan lingkungan yang dilandasi Iman dan Taqwa

Merdeka dan Jaya!!!

Diterbitkan : - Kategori : Berita / General / Kepanduan / Kesiswaan / Pendidikan / Post Formats / Teknologi / Uncategorized

SMANegeri1Cariu__ 1 Oktober 2022, Sabtu pagi seluruh pegawai mengikuti kegiatan apel yang dipimpin langsung oleh kepala sekolah SMA Negeri 1 Cariu yaitu bapak Drs. Sapto Wibowo, M.M.

Kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan keterkaitan dengan Hari Kesaktian Pancasila, dimana amanat yang disampaikan oleh pembina apel bahwa seluruh pegawai harus senantiasa menjaga toleransi, integrasi dan sinergisme di tengah kemajemukan yang ada, kuat karena bersatu, bersatu karena kuat.

Dari kemajemukan yang ada pertanyaannya apa yang harus kita lakukan dan sikapi? Sikap yang baik apa yang harus dilakukan di lingkungan sekolah dan masyarakat? Dari pertanyaan tersebut dapat muncul kembali pertanyaan berikutnya antara lain, apa itu Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika? Mari kita bahas dalam artikel ini.

Berbeda Tetap Satu

Dilansir dari laman Wikipedia, Bhinneka Tunggal Ika adalah moto atau semboyan bangsa Indonesia yang tertulis pada lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila. Frasa ini berasal dari bahasa Jawa Kuno yang artinya adalah “Berbeda-beda tetapi tetap satu.”

Semboyan ini digunakan untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan.

SMA Negeri 1 Cariu beralamatkan di wilayah Bogor Timur Jawa Barat. Namun, pegawai berserta siswanya berasal dari berbagai wilayah di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Meskipun begitu, sikap saling menghormati satu dengan yang lainnya sangatlah terjaga dengan baik sehingga membuat ikatan tali persaudaraan diantara pegawai dan siswa sangatlah kuat.

Makna

Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tahunnya agar masyarakat dapat memahami sejarah bangsa Indonesia. Dan begitu pula pentingnya peran pancasila sebagi Ideologi utama negara.

Nilai-nilai pancasila telah menjadi kepribadian bangsa Indonesia sejak dulu hingga kini. Maka alasan di balik kesaktian tersebut memiliki makna penting bahwa Pancasila adalah dasar negara yang tidak boleh diubah oleh siapapun .

Sikap Mulia

Dari sejak lahir kita sudah dipersiapkan oleh orang tua untuk menjadi pribadi yang berakhlak mulia, berkarakter serta berpengetahuan luas. Seperti halnya saat dimana kita belum bisa membaca maka orang tua dan guru mengajarkan kita untuk membaca.

Ketika sudah remaja dan menginjak bangku sekolah menengah pertama. Maka, sikap mulia sudah pasti tertanam dalam jiwa nya. Bahasa yang santun serta tertata dengan baik nyatanya dapat meningkatkan rasa empati sesama rekan kerja dan sesama siswa di sekolah.

Semoga artikel ini memiliki manfaat yang baik kepada pembaca dan dapat diamalkan dalam aktivitas kesehariannya.

Penulis : Muhamad Padhil Sumarwan
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

Post Terkait

SMA Negeri 1 Cariu Juara

Jumat, 3 Nov 2023

MENJAGA MORALITAS SISWA

Jumat, 29 Sep 2023

Pencetak Bibit Unggul

Senin, 7 Agu 2023

Selamat Datang

Rabu, 26 Jul 2023

Fillosofi Ki Hadjar Dewantara

Jumat, 18 Nov 2022

PJOK dalam Kehidupan Nyata

Rabu, 2 Nov 2022

Berjalan dengan Pasti

Rabu, 2 Nov 2022