Motto :
Sabtu, 13 Apr 2024
  • Menjadi sekolah terdepan dalam memfasilitasi siswa untuk menuju terwujudnya peserta didik berwawasan lingkungan yang dilandasi Iman dan Taqwa

Bersihkan Enak!

Diterbitkan : - Kategori : Berita / General / Kepanduan / Kesiswaan / Pendidikan / Post Formats / Tak Berkategori

SMANegeri1Cariu__ Jumat, 23 September 2022 seluruh siswa beserta guru dan staf tata usaha SMA Negeri 1 Cariu melaksanakan JUMSIH yang mana kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin setiap minggu ke 3 setiap bulannya. Setiap jumatnya dalam sebulan ada 4 kegiatan yang berbeda misalnya saja ada kegiatan shalat dhuha bersama, pembacaan narasi, JUMSIH dan senam bersama. Kebetulah jumat sekarang kegiatannya ialah JUMSIH, pertanyaannya seberapa penting kebersihan bagi kita? Lalu kalau gak bersih gimana? Apakah kebersihan ada kaitannya dengan pembentukan karakter? Mari kita bahas pada artikel kali ini, selamat membaca.

Filter

Udara pagi itu begitu hangat, setiap insan bernyawa menghirup kadar oksigen yang bagus bagi tubuh. Dalam kondisi sejuk tersebut setiap siswa, guru dan staf tata usaha berusaha untuk membersihkan setiap bagian yang ada di lingkungan SMA Negeri 1 Cariu, baik ruangan guru, ruangan TU, ruangan kelas, leb komputer, gedung, taman, toilet dan lain sebagainya.

Setiap sampah yang berada di lingkungan sekolah sudah pasti dibuang ke tong sampah, adapun jenis sampahnya sendiri pihak sekolah sudah menyediakan tempat khusus. Misalnya saja ketika ada sampah plastik maka harus dibuang ke tong sampah yang ada tulisannya khusus sampah plastik. Begitupun sampah organik maka sudah disediakan tong sampah yang ada tulisannya khusus organik dan untuk sampah botol pun sudah tersedia.

Harus peduli

Ketika kita berbicara soal kebersihan tidak hanya lingkungan bersih, nyaman serta aman. Bahkan cakupan kebersihan jauh dari itu, kebersihan hati serta pikiran itu pula teramat penting. Bahkan dalam agama islam dijelaskan bahwa kebersihan adalah bagian dari iman.

Teramat pentingnya kebersihan bagi kesehatan. Lingkungan yang bersih akan memberikan asupan yang baik bagi tubuh. Apalagi pada saat menghirup udara segar. Makanya kita sebagai insan beriman dan berilmu diwajibkan untuk senantiasa melestarikan budaya bersih.

Misalnya saja saat melihat sampah maka sikap yang harus kita ambil adalah kepedulian akan kebersihan itu sendiri, maka harus kita amankan ke tempat sampah. Bahkan ketika kita berada di luar lingkungan sekolah, sikap tersebut harus senantiasa nular misalnya saja di rumah.

Terobosan

Memang untuk membentuk pribadi yang baik, maka dapat dilihat dari kebersihan dirinya. Bahkan dalam membentuk karakter yang baik pun berkaitan langsung dengan kebersihan pribadinya. Kemudian kebersihan itu sendiri bisa dilatih jika memang kita belum peduli akan kebersihan. Misalnya saja ketika melihat sampah maka secara otomatis langsung dibuang ke tempatnya, agar terbiasa.

Akhiran

Kebersihan harus kita jaga, dan kepedulian harus kita upayakan. Karena jika bukan kita, maka siapa lagi. Keluarga besar SMA Negeri 1 Cariu dari waktu ke waktu memberikan titik terang akan lingkungan yang bersih dan upaya tersebut telah menjadi keharusan dan kebiasaan baik yang selalu dilestarikan.

Salam lestari

Penulis : Muhamad Padhil Sumarwan

 

 

 

Artikel ini memiliki

3 Komentar

Sapto W
Jumat, 23 Sep 2022

Kegiatan pembiasaan karakter baik ini semua warga sekolah SMAN 1 Cariu khususnya harus mendukungnya dengan berpartisipasi aktip menjaga kebersihan lingkungan tempat belajar dan tempat kerja . Kebersihan lungkungan tanggung jawab bersama untuk menjaganya. Jangan mengandalkan pada tenaga kebersihan yg haya 3 org disekolah ini.

Balas
Siti H
Jumat, 23 Sep 2022

Keren

Balas
CHAFIDLOH,S.Ag
Sabtu, 24 Sep 2022

Alhamdulillah, pak FADIL rajin menulis, sip lah, sangat bagus, memotiasi guru muda lainnya, terus semangat, tulisan ini membantu dan sangat besar artinya buat kami, terima kasih

Balas

Beri Komentar

Post Terkait

SMA Negeri 1 Cariu Juara

Jumat, 3 Nov 2023

MENJAGA MORALITAS SISWA

Jumat, 29 Sep 2023

Pencetak Bibit Unggul

Senin, 7 Agu 2023

Selamat Datang

Rabu, 26 Jul 2023

Fillosofi Ki Hadjar Dewantara

Jumat, 18 Nov 2022

PJOK dalam Kehidupan Nyata

Rabu, 2 Nov 2022

Berjalan dengan Pasti

Rabu, 2 Nov 2022